Adab-Adab Membaca Al-Qur’an


Adab-Adab Membaca Al-Qur’an

Mengikhlaskan niat dalam membaca Al-Qur’an semata-mata karena Allah, sebagaimana juga yang dituntut dalam ibadah-ibadah yang lain.

Bersuci dan bersiwak sebelum membaca Al-Qur’an.

Jangan membaca Al-Qur’an di tempat-tempat kotor, seperti kamar mandi/tempat wudhu dan jangan membacanya dalam keadaan junub.

Berlindung kepada Allah dari syetan ketika memulai membaca-nya yaitu mengucap ta’awudz atau isti’adzah.

Membaca basmallah pada setiap permulaan surat, kecuali surat At-Taubah.

Membaguskan bacaan Al-Qur’an sesuai kemampuan, juga hendak-nya membaca dengan memelas, khusyu’ dan disertai tangisan.

Bersujud ketika melewati ayat-ayat Sajadah.

Menghentikan bacaan ketika ke luar angin, menguap dan merasa ngantuk.

Membaca Al-Qur’an dengan tartil dengan memperhatikan hukum-hukum dalam ilmu tajwid.

Membaca Al-Qur’an dengan niat untuk mengamalkannya dan meng-gambarkan seolah-olah Allah sedang berfirman dengan bacaan tersebut.

Disunnahkan bagi yang membaca Al-Qur’an, ketika melewati ayat-ayat tentang rahmat supaya memohonnya kepada Allah, dan berlindung kepada-Nya tatkala melewati ayat-ayat adzab.

Nah sahabat budiman penggemar setia Abu Fauzan yuuu....k kitee sama-sama berfastabikul khairat untuk meraih ridha allah subhaanahu wa ta'aala. alx orang bakal bertambah keimanannya tatkala mereka kesehariannya menghabiskan waktu luangnya untuk menjaga dirinya dari kemaksiatan yu...uk kite lihat (di surah Al-anfal : 2). dicari yaaa! ingat PR-nya dari ana antum semua amalkan dan yakin dengan surah itu kite akan sadar betapa allah cinta kepada umatnya yang mau mengharapkan wajahnya di akhirat kelak, wallahu a'lam.

0 komentar: